Perencanaan Dan Pengelolaan Perjalanan Wisata

Pada dasarnya, dalam kehidupan sehari-hari tentu Anda pernah melakukan kegiatan wisata, kegiatan tersebut biasanya dilakukan pada saat akhir pekan atau pada masa liburan. Kegiatan wisata memiliki hubungan dengan produk wisata.

Produk wisata adalah rangkaian dari berbagai jasa yang saling terkait, yaitu jasa yang dihasilkan dari berbagai perusahaan (segi ekonomis), jasa masyarakat (segi sosial), dan jasa alam. Pada materi ini kita akan mempelajari mengenai produk wisata, untuk lebih jelasnya simaklah materi berikut dengan saksama.

Produk pariwisata (tourism product) merupakan suatu bentukan yang nyata (tangible product) dan tidak nyata (intangible product), dikemas dalam suatu kesatuan rangkaian perjalanan yang hanya dapat dinikmati, apabila seluruh rangkaian perjalanan tersebut dapat memberikan pengalaman yang baik bagi orang yang melakukan perjalanan atau yang menggunakan produk tersebut.

Terdapat beberapa pendapat yang dikemukan oleh para ahli mengenai pengertian produk pariwisata, di antaranya sebagai berikut.

a. Gooddall
Menurut pendapat Gooddall produk wisata dimulai dari ketersediaan sumber yang berwujud (tangible) hingga tak berwujud (intangible) dan secara totalitas lebih condong kepada kategori jasa yang tak berwujud (intangible).

b. Burns and Holden
Menurut Burns and Holden produk wisata dinyatakan sebagai segala sesuatu yang dapat dijual dan diproduksi dengan menggabungkan faktor produksi, konsumen yang tertarik, kebudayaan asli dan festival-festival kebudayaan.

c. Kotler dan Amstrong
Menurut Kotler dan Amstrong produk wisata yaitu sebagai sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen atau pangsa pasar untuk memuaskan kemauan dan keinginan termasuk di dalam objek fisik, layanan, SDM yang terlibat di dalam
organisasi dan terobosan atau ide-ide baru.

d. Suwantoro
Menurut Suwantoro produk wisata merupakan keseluruhan pelayanan yang diperoleh dan dirasakan atau dinikmati wisatawan semenjak ia meninggalkan tempat tinggalnya, sampai ke daerah tujuan wisata yang telah dipilihnya dan
kembali ke rumah di mana ia berangkat semula.

e. Bukart dan Medlik
Menurut Bukart dan Medlik menjelaskan produk wisata sebagai susunan produk yang terpadu, yang terdiri dari objek wisata, atraksi wisata, transportasi (jasa angkutan), akomodasi dan hiburan di mana tiap unsur dipersiapkan oleh masing-masing perusahaan dan ditawarkan secara terpisah.

Macam-Macam Produk Wisata

Produk wisata merupakan berbagai jasa di mana satu dengan yang lainnya saling terkait dan dihasilkan oleh berbagai perusahaan pariwisata, seperti akomodasi, transportasi, biro perjalanan wisata, restoran, daya tarik wisata, dan perusahaan lain yang terkait. Pada dasarnya, terdapat berberapa macam produk wisata, berikut adalah enjelasannya.

1. Jasa Transportasi
Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Jasa Akomodasi
Akomodasi adalah sarana untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan yang dapat dilengkapi dengan pelayanan makan dan minum serta jasa lainnya. Terdapat beberapa jenis-jenis jasa akomodasi di antaranya sebagai berikut.

a. Hotel
Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan, dan minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersil.

b. Guest house
Sejenis akomodasi yang dapat dimiliki oleh suatu perusahaan atau instansi yang diperuntukkan bagi para tamu yang menginap dan mendapatkan pelayanan makan dan minum. Dalam pengertian aslinya, guest house merupakan akomodasi yang mempunyai fasilitas sederhana. Termasuk dalam jenis ini, di Indonesia dikenal dengan nama pondok wisata.

c. Youth hostel
Youth hostel adalah bangunan bagi para pejalan muda, penaik sepeda, dan sebagainya dapat tinggal dan makan atau menyediakan makanannya sendiri dengan murah

d. Apartemen
Apartemen merupakan bangunan yang menyediakan jasa akomodasi jangka
panjang untuk sejumlah orang dalam unit tersendiri dengan fasilitas dapur dan
ruang tinggal atau ruang makan

Materi lengkpanya dapat di unduh >>