SEKILAS INFO
: - Selasa, 25-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / Yang Wajib Dikuasai oleh Lulusan Sekolah Pariwisata untuk Berkarir di Industri Pariwisata
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 3 Kendari: Pendidikan Keterampilan dan Persiapan Karier yang Sukses
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Di Website SMKN 3 Kendari, SMK Pusat Keunggulan Kota Kendari
SENI TARI

Eskul seni tari adalah kegiatan ekstrakurikuler yang menarik dan kreatif di sekolah. Kegiatan ini melibatkan siswa dalam berbagai aspek seni pertunjukan, seperti gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan keterampilan artistik. Berikut adalah uraian mengenai kegiatan eskul seni tari:

Deskripsi Kegiatan Eskul Seni Tari:

1. Pembelajaran Teknik Tari: Eskul seni tari memberikan siswa kesempatan untuk memahami dan menguasai teknik dasar tari. Melalui latihan yang terstruktur, peserta didik belajar gerakan-gerakan yang khas untuk berbagai jenis tari, seperti tari tradisional, tari kontemporer, atau tari modern.

2. Ekspresi dan Kreativitas: Selain teknik, eskul seni tari juga menekankan ekspresi diri dan kreativitas siswa. Para peserta didik diajak untuk mengekspresikan perasaan mereka melalui gerakan tari, menciptakan koreografi, dan menunjukkan keunikan gaya pribadi mereka.

3. Latihan Rutin: Kegiatan ini melibatkan latihan rutin yang mencakup pemanasan fisik, latihan teknik, dan praktik koreografi. Latihan ini tidak hanya memperbaiki keterampilan fisik, tetapi juga meningkatkan stamina, ketahanan, dan kebugaran siswa.

4. Persiapan Pertunjukan: Siswa-siswa di eskul seni tari juga terlibat dalam persiapan pertunjukan, baik di sekolah maupun di luar. Ini mencakup pemilihan musik, perancangan kostum, dan latihan intensif untuk memastikan penampilan yang berkualitas.

5. Pengembangan Tim dan Kolaborasi: Seni tari mendorong pengembangan kerja tim dan kolaborasi antara anggota eskul. Proses kreatif sering melibatkan diskusi ide, pengaturan gerakan bersama, dan pemecahan masalah bersama.

6. Penanaman Nilai Budaya: Eskul seni tari juga menjadi wadah untuk menanamkan dan melestarikan nilai-nilai budaya. Baik itu melalui tarian tradisional atau koreografi yang terinspirasi oleh kearifan lokal, siswa dapat lebih mendalam memahami dan menghargai warisan budaya mereka.

7. Partisipasi dalam Kompetisi: Eskul seni tari seringkali mengikutsertakan siswa dalam berbagai kompetisi tari di tingkat lokal, regional, atau bahkan nasional. Ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengukur kemampuan, tetapi juga meningkatkan motivasi dan semangat persaingan yang sehat.

8. Pengalaman Pertunjukan Langsung: Sebagai bagian dari eskul seni tari, siswa memiliki kesempatan untuk tampil di depan publik. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri mereka tetapi juga mengajarkan keterampilan komunikasi dan adaptasi di atas panggung.

Eskul seni tari bukan hanya tempat untuk mengasah keterampilan seni, tetapi juga membangun karakter, rasa tanggung jawab, dan apresiasi terhadap keanekaragaman seni budaya. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan potensi seni mereka sambil menciptakan kenangan dan pengalaman berharga di masa sekolah.

Data Sekolah

SMKN 3 Kendari

NPSN : 40402628

Jl. Budi Utomo No.1
KEC. Kadia
KAB. Kota Kendari
PROV. Sulawesi Tenggara
KODE POS 93117
TELEPON 04013191136
FAX 04013191136
EMAIL smk3kdi@gmail.com