SEKILAS INFO
: - Selasa, 25-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / Yang Wajib Dikuasai oleh Lulusan Sekolah Pariwisata untuk Berkarir di Industri Pariwisata
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 3 Kendari: Pendidikan Keterampilan dan Persiapan Karier yang Sukses
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Di Website SMKN 3 Kendari, SMK Pusat Keunggulan Kota Kendari
Kanwil Kemenkumham Sultra Bawa RuKI Goes To School ke SMKN 3 Kendari

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turut serta dalam kegiatan Guru Kekayaan Intelektual (Ruki) bergerak yang digelar di seluruh provinsi di Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia ke-24.

Kegiatan ini, bertajuk RuKI Goes To School, bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kekayaan intelektual kepada pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar lebih memahami pentingnya perlindungan dan menghargai kekayaan inelektual serta mendorong mereka untuk mendaftarkan kekayaan intelektualnya sendiri.

Kegiatan RuKI Bergerak tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Sultra, melibatkan 5 SMA/SMK-MA di Kota Kendari, antara lain Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kendari, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kendari, SMKN 3 Kendari, SMKN 4 Kendari, dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari.

Pimpinan Tinggi (Pimti) Pratama Kanwil Kemenkumham Sultra, bersama dengan kepala-kepala divisinya, turut serta dalam kegiatan ini dengan masing-masing tim mengunjungi satu sekolah. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, mengunjungi SMAN 4 Kendari, sementara kepala divisi-divisi lainnya berkunjung ke sekolah lainnya.

Menurut Silvester, memperkenalkan kekayaan intelektual kepada siswa-siswi sekolah memiliki manfaat yang tak terbantahkan. Selain membantu mengembangkan rasa hormat dan etika terhadap karya orang lain, hal ini juga meningkatkan kesadaran siswa-siswi yang memiliki kekayaan intelektualnya sendiri untuk mendaftarkannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan permohonan pendaftaran kekayaan intelektual di dalam negeri.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sultra berharap bahwa pemahaman tentang kekayaan intelektual akan membantu mengembangkan keterampilan kreatif siswa-siswi. Dengan terinspirasi oleh karya-karya orang lain, mereka diharapkan akan lebih termotivasi untuk mengeksplorasi dan mengembangkan bakat mereka, sehingga dapat menghasilkan karya atau produk kekayaan intelektual.

Setiap sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini menerima cinderamata sebagai tanda terima kasih dari Kanwil Kemenkumham Sultra. Para peserta didik juga mendapatkan goodie bag, serta doorprize bagi mereka yang aktif dalam kegiatan diskusi maupun tes yang diselenggarakan oleh panitia.

Antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan ini menunjukkan betapa berharganya pengalaman ini bagi mereka di usia yang masih dini.

Kegiatan RuKI Goes To School di SMKN 3 Kendari mendapat sambutan antusias dari para peserta didik. Tim yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hidayat Yasin di terima langsung oleh Kepala SMKN 3 Kendari Muhammad Kasman Said.

Pada kesempatan ini, para peserta didik tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang kekayaan intelektual, tetapi juga diajak untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi dan tes yang diselenggarakan oleh panitia. Hal ini menunjukkan komitmen mereka untuk belajar dan mengembangkan potensi mereka dalam bidang kekayaan intelektual.

Dengan adanya kegiatan seperti RuKI Goes To School, diharapkan bahwa kesadaran akan pentingnya perlindungan dan penghargaan terhadap kekayaan intelektual akan semakin meningkat di kalangan generasi muda.

Hal ini merupakan investasi jangka panjang dalam pembangunan ekonomi negara, karena melalui perlindungan dan pengembangan kekayaan intelektual, kita dapat mendorong inovasi dan kreativitas yang akan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di masa depan.

Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, juga menegaskan pentingnya kerjasama antara pemerintah dan sekolah dalam memberikan edukasi tentang kekayaan intelektual kepada generasi muda.

Dengan kerjasama yang solid, kita dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang memadai untuk mempersiapkan generasi yang siap bersaing di era globalisasi saat ini.

Dengan demikian, kegiatan RuKI Goes To School di SMKN 3 Kendari tidak hanya merupakan suatu acara biasa, tetapi juga merupakan langkah nyata dalam membangun kesadaran akan pentingnya perlindungan dan penghargaan terhadap kekayaan intelektual di kalangan generasi muda Sulawesi Tenggara. Melalui edukasi yang tepat, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara.

Data Sekolah

SMKN 3 Kendari

NPSN : 40402628

Jl. Budi Utomo No.1
KEC. Kadia
KAB. Kota Kendari
PROV. Sulawesi Tenggara
KODE POS 93117
TELEPON 04013191136
FAX 04013191136
EMAIL smk3kdi@gmail.com