SEKILAS INFO
: - Selasa, 25-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / Yang Wajib Dikuasai oleh Lulusan Sekolah Pariwisata untuk Berkarir di Industri Pariwisata
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 3 Kendari: Pendidikan Keterampilan dan Persiapan Karier yang Sukses
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Di Website SMKN 3 Kendari, SMK Pusat Keunggulan Kota Kendari
Kerjasama Pemerintah dan Putera Sampoerna Foundation Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sultra

Kendari – Upaya meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Tenggara (Sultra) terus diperkuat melalui kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF). PSF, yang telah berkomitmen selama 22 tahun dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia, telah meluncurkan berbagai program sukses dan berkelanjutan.

Salah satu program unggulannya adalah Teacher Learning Center (TLC), yang telah berjalan sejak tahun 2021 di Sultra.

Muhammad Kasman Said, Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 3 Kendari, menegaskan bahwa TLC hadir sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Sultra dalam meningkatkan profesionalitas dan kompetensi guru.

“Kerjasama seperti ini sangat penting karena pembentukan TLC di Sultra menjawab kebutuhan guru akan pelatihan dan pendampingan yang murah, terjangkau, mudah diakses, berkualitas, dan langsung memberikan manfaat kepada tenaga pendidik,” ungkapnya.

Menurut Kasman, era digital saat ini menuntut perkembangan dalam proses pembelajaran, dan kapasitas guru menjadi faktor kunci dalam peningkatan mutu pendidikan. Program TLC menyediakan akses kepada guru-guru untuk mendapatkan materi pembelajaran yang berkualitas, yang akan berdampak positif pada proses belajar mengajar di sekolah.

“Saat ini SMKN 3 Kendari sudah memiliki 2 orang Master Teacher (MT) dan 4 peserta lanjutan yang terlibat dalam program TLC ini. Kami berharap para guru-guru kami dapat menjadi contoh bagi yang lainnya, karena mereka telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dan tanggung jawab dalam tugas mereka,” tambah Kasman.

Di sisi lain, Tati, salah satu guru yang telah menjadi Master Teacher (MT) dalam program ini, mengungkapkan bahwa program TLC sangat mendukung tugasnya sebagai guru.

“Pengalaman saya selama kurang lebih 2 tahun tergabung dalam program TLC ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa. Materi pembelajaran yang diajarkan sangat sesuai dengan tugas saya sebagai guru,” ujarnya.

Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah institusi bisnis sosial pertama di Indonesia yang bertujuan untuk memajukan Indonesia melalui pendidikan berkualitas. Melalui program TLC, PSF terus memberikan dampak positif dan menjawab tantangan pendidikan di Indonesia.

Program-program unggulannya, seperti Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) dan Guru Juara, telah menjangkau ribuan guru dan siswa di berbagai provinsi di Indonesia.

TLC, sebagai bagian dari School Development Outreach (SDO) PSF, menjadi solusi untuk menyikapi keterbatasan akses guru dalam mendapatkan layanan pengembangan profesi. Dengan membentuk TLC sebagai komunitas belajar yang terstruktur dan sistematis, PSF-SDO memudahkan akses pelatihan bagi para guru dan berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di Sultra.

Melalui TLC, PSF-SDO tidak hanya memberikan akses pelatihan kepada para guru, tetapi juga menyentuh tiga area pengembangan utama, yaitu program pengembangan sumber daya manusia, program pengembangan sistem manajemen, dan program pengembangan serta pemenuhan fasilitas TLC.

Program pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas guru dalam memberikan pembelajaran yang berkualitas. Melalui berbagai kegiatan pelatihan, workshop, dan pendampingan, guru-guru dapat mengembangkan keterampilan baru, memperbarui pengetahuan mereka, dan menerapkan praktik terbaik dalam kelas.

Sementara itu, program pengembangan sistem manajemen difokuskan pada peningkatan efisiensi dan efektivitas manajemen sekolah. Hal ini meliputi pengembangan proses-proses administratif, pengelolaan data, dan pemantauan kinerja guru dan siswa. Dengan sistem manajemen yang baik, sekolah dapat beroperasi dengan lebih lancar dan fokus pada pencapaian tujuan pendidikan.

Selain itu, program pengembangan dan pemenuhan fasilitas TLC bertujuan untuk menyediakan lingkungan belajar yang kondusif bagi guru dan siswa. Ini mencakup perbaikan infrastruktur fisik sekolah, penyediaan perangkat teknologi pembelajaran, dan fasilitas lainnya yang mendukung proses pembelajaran yang inovatif dan interaktif.

Dengan berbagai program ini, PSF-SDO berupaya memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sultra. Kolaborasi antara pemerintah daerah, PSF, dan berbagai pihak terkait lainnya menjadi kunci keberhasilan dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dan inklusif bagi semua anak bangsa.

Semoga melalui kerjasama ini, generasi muda Sulawesi Tenggara dapat mengakses pendidikan yang berkualitas dan membangun masa depan yang lebih baik.

Data Sekolah

SMKN 3 Kendari

NPSN : 40402628

Jl. Budi Utomo No.1
KEC. Kadia
KAB. Kota Kendari
PROV. Sulawesi Tenggara
KODE POS 93117
TELEPON 04013191136
FAX 04013191136
EMAIL smk3kdi@gmail.com